Saturday, September 28, 2013

MERAWAT KOMPOR GAS

Assalam'alaykum, sahabat cita rasa di manapun berada.. apa kabar disiang hari ini?? Insya Allah semua baik-baik saja...

Kemarin Papa Adhir telah membagikan resep BATA SINGKONG KEJU JATUH, bagi sahabat cita rasa yang belum sempat baca, resepnya bisa dilihat disini. Siang ini, Papa Adhir akan berbagi Tip bagaimana merawat kompor gas.

Siapa yang tidak mengenal Kompor Gas, hampir setiap rumah memiliki perangkat ini dengan berbagai harga dan model serta fitur tambahan. Semakin mahal, biasanya fitur tambahannya semakin canggih, sebut saja jumlah tungkunya, dimensi, kualitas material dan lain sebagainya yang tentnya makin memanjakan penggunanya. Tapi, tak semua pengguna kompor gas bisa merawat kompor gas, padahal tidak begitu susah kok. Penasaran? Kita simak bersama sahabat Cita Rasa





Tungku merupakan bagian dari kompor gas yang mengelarkan api. Api yang dihasilkan oleh tungku berasal dari gas yang terbakar dari percikan pemantik. Tungku yang baik menhasilkan picaran api yang berwarna biru dan nyala merata di sekeliling tungku.

Jika nyala api tidak merata dan warna api tidak biru, cenderung merah, maka perasalahan ini muncul karena sirkulasi gas yang melewati saluran tungku tidak lancar. Hal ini biasanya disebabkan karena banyak kotoran, entah itu percikan dari bahan masakan, penyusutan panci, karat dan seterusnya. Oleh karena itu, agar tungku tetap mengasilkan nyala api yang stabil, maka pastikan tungku selalu dibersihkan secara berkala.

Selain tungku, bodi kompor juga perlu perhatian. Cipratan masakan biasanya akan jatuh di bodi kompor. Jika kotoran ini dibiarkan menumpuk, maka akan meresap di lapisan cat bodi, ketika akan dilepas kotoran yan menumpuk ini akan lapisan cat pada bodi akan ikut terangkat, artinya logam tak akan dilindungi lagi oleh cat, dan ketika logam bertemu dengan kelembapan, akan terjadi oksidasi yang membuat logam berkarat. Ujung-ujungnya sahabat cita rasa sekalian, bodi kompor akan keropos.

Menjaga kebersihan kompor secara berkala, baik bodi maupun tungku adalah hal yang jangan dipandang remeh agar kompor gas tetap awet. Minimal 3 kali sepekan. Selain kompor, selang gas juga perlu perhatian. Alat yang satu ini sering luput dari perhatian kita karena letaknya yang tersembunyi. Selang gas juga perlu mendapat perhatian, dibersikan dan seterusnya. Kerusakan pada selang biasanya diakibat pada jepitan, baik dari hewan pengerat, jepitan dari bodi kompor, bahan selang yang telah aus/kadaluarsa dan seterusnya.

Nah, demikian tips sederhana merawat kompor gas, yang intinya adalah senantiasa menjaganya agar selalu berada dalam keadaan bersih. Sampai jumpa pada tips trik berikutnya, wassalam

No comments:

Post a Comment