Sunday, September 29, 2013

BATU KARANG TAHU TEMPE

Assalamu'alaykum, selamat pagi sahabat Cita Rasa sekalian di manapun berada...

Dipagi hari yang cerah ini Papa Adhir kembali akan berbagi resep yang berbahan dasar Tahu dan Tempe. Kali ini Bahan Dasar Tahu dan Tempe akan dimasak dengan kuah. Hmmm... yummi, lezat Insya Allah rasanya. Sebelumnya kita telah berbagi resep dengan dasar tempe, yaitu Tempe Vulcanic, yang belum sempat baca, silahkan klik di sini.





Bahan dasar tempe sendiri sangat mudah ditemui di wilayah Indonesia. Bahan makanan yang berbahan baju kacang kedelai ini juga memiliki beragam model atau bentuk tergantung di daerah mana dijajakan. Perlakuan terhadap tempe sendiri beragam tergantung masyarakat mana yang mengolahnya. Tempe jika sebagian daerah di Jawa dijadikan sebagai makanan cemilan saja. Lain hal di daerah Papa Adhir (Watampone, Sulawesi Selatan) Tempe dijadikan sebagai lauk. Maka tak heran Tempe merupakan salah satu komoditi bisnis yang menguntungkan. Bahkan terakhir Papa Adhir baca artikel, ada juragan tempe di Jepang yang Big Bosnya adalah orang Indonesia. Berminat?

Sahabat Cita Rasa, kali ini kita belum akan membahas tentang Tips Trik berbisnis, akan tetapi kita akan berbagi tentang resep masakan yang berbahan dasar tempe, dan tentunya bahan pelengkapnya ada di sekitar kita dan mudah di temukan. Penasaran? Berikut BATU KARANG TAHU TEMPE.

BAHAN

- 1 Bungkus Tempe (yang 200-250 gr)
- 2 Buah Tahu
- 2 Batang dan bawang, diiris 1 cm
- 2 lembar daun jeruk
- 8 biji cabe rawit
- 2 cm lengkuas
- Gula pasir secukupnya
- Santan 750 cc dari 1/2 kelapa

BUMBU HALUS
- 4 Butir bawang merah
- 2 Butir bawang putih
- 1 Sendok Teh Ketumbar
- 2 Butir kemiri, lalu disangrai
- 2 Buah cabe merah
- 1 cm kencur
- 1 cm kunyit, bakar

CARA MEMBUAT
- Potong dadu tempe dan tahu, lalu di goreng setengah matang
- Rebus santan, tempe serta tahu yang telah digoreng setengan matang dan bumbu halus hingga mendidih. Aduk sesekali agar santan tidak pecah
- Masukkan dan bawang dan cabe rawit utuh. Tungg hingga mendidih kembali.
- Angkat dan sajikan selagi hangat.

Sahabat Cita Rasa, demikian tadi resep BATU KARANG TAHU TEMPE yang siap menambah koleksi Cita Rasa di atas meja makan anda. Nantikan terus postingan dari Papa Adhir, resep dengan bahan dasar yang mudah ditemukan dan mudah diolah... Wassalam

Lihat Juga:  Tahu Siram Daging, Tahu Dunia Ceria, Tempe Vulcanic, Bata Singkong Keju Jatuh

No comments:

Post a Comment